Selasa

RPP KIMIA Kelas X Semester Genap


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)
 ``
Nama Sekolah           :  SMA...............
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 2 (Genap)
Alokasi Waktu           :  8 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi: 
3. Memahami sifat-sifat  larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
Kompetensi dasar     : 
3.1   Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya. 
I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
§  Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit  melalui  percobaan
§  Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
§  Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
§  Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
§  Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
§  Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
§  Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
§  Memberi nama senyawa menurut IUPAC.
II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
Ø  Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit  melalui  percobaan
Ø  Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
Ø  Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
Ø  Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
Ø  Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
Ø  Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
Ø  Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
Ø  Memberi nama senyawa menurut IUPAC
Ø  Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III.    Materi Ajar       : 
Larutan non elektrolit dan elektrolit
Ø  jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
Ø  jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan.
            konsep oksidasi dan reduksi
Ø  Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
Ø  tata nama menurut IUPAC
Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
IV.    Metode pendekatan:
  • Praktikum
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.
·        Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasiloksidasi, hasil reduksi
·        Siswa dapat Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan non elektrolit.
·        Siswa dapat Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannnya dengan tatanama senyawa serta penerapannya

V.     Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
Memeriksa kehadiran siswa.
Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o   Apersepsi:
Ikatan kimia
o   Motivasi
Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal garam dapur, kenapa larutan garam dapur ketika di aliri listrik dapat menghantarkan listrik?
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan non elektrolit dan elektrolit.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Berlatih menentukan bilangan oksidasi,  oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
VI.    Alat / Bahan / Sumber Belajar  : 
      Buku Kimia; LKS, Alat dan Bahan praktikum
 VII.  Penilaian:
o   PPK
o   Responsi
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quality advertising. Big traffic. Increase sales. Promote your website. Advertise your product to shoppers.